Namanya memang tidak tampak Italiano, sehingga banyak orang mengira dirinya berasal dari Austria atau Jerman, tetapi Reinhold Messner ternyata adalah seorang Italiano sejati, dia lahir pada tanggal 17 September 1944, di sebuah desa yang dikelilingi pegunungan Dolomite, Tyrol, Italia Utara. Ayahnya Joseph Messner adalah seorang kepala sekolah di desa Vilnes yang terletak pada sebuah lembah di kawasan Tyrol, Italia Selatan. Mereka merupakan keluarga sederhana, sebagaimana penduduk lain di daerah mereka yang kebanyakan hidup sebagai petani dengan berbagai aneka khas kesederhanaan masyarakat desa. Tetapi ayah Reinhold Messner adalah seorang idealis, menurutnya kesederhanaan bukan berarti penghalang untuk menikmati hidup, dan mendaki gunung merupakan sarana bagi keluarga Messner untuk menikmati hidup, dimana setiap ada waktu, terutama pada saat libur sekolah, keluarga Messner menyempatkan diri untuk mendaki gunung.
Sejak kecil Reinhold Messner memang telah dididik dan diperkenalkan secara mendalam dengan jalanan terjal dan tebing-tebing tinggi pegunungan. Pada usia lima tahun, bersama adiknya yang bernama Gunther, Messner telah diajak mendaki oleh ayahnya di daerah Saas Rigais, sebuah daerah pegunungan di Alpen. Sebagaimana karakterisitik pegunugan Alpen yang harus didaki dengan banyak menggunakan teknik rock climbing, maka dapat dibayangkan jari-jari mungil Messner kecil sejak dini telah memegang batu-batu cadas pegunungan dan badannya telah merasakan bergelantungan di atas tebing yang tingginya ratusan meter. Di usia dininya itu Reinhold memang telah diasah untuk mengendalikan adrenalin dan mengelola rasa takutnya.
Semua pendaki mengetahui bahwa Reinhold Messner merupakan pendaki yang anti teori, “kegilaannya” ini telah dimulai sejak usia 14 tahun, saat dirinya menjajal Castiglioni Route yang dikenal sulit, tanpa menggunakan peralatan panjat, bahkan tidak menggunakan tali pengaman, artinya dirinya melakukan free soloing dalam mendaki rute yang terletak di Kleine-Ferda ini dan “kegilaannya” membuahkan hasil manis, saat dirinya berhasil mencapai puncak di rute ini. Keberhasilan Messner melewati rute sulit ini telah membuktikan pada dirinya bahwa dia bisa mengatasi rasa takutnya dan menumbuhkan kepercayaan diri yang semakin tinggi.
Ketika masa usia sekolah telah dilaluinya dan Reinhold terdaftar sebagai mahasiswa jurusan arsitektur di Universitas Padua, hobinya untuk mendaki gunung tetap menggelora di dadanya, meskipun beban kuliah yang berat dengan tugas-tugas gambarnya dan ketiadaan gunung di kota kecil tempat tinggalnya. Kerinduan akan pendakian diaktualisasikannya dengan rajin memanjat bukit kapur di luar kota yang tidak begitu jauh dari tempat tinggalnya.
Sekitar tahun 1970an, Reinhold meninggalkan profesinya sebagai seorang guru, bersama adiknya ia mulai mengukir sejarah dengan memulai ekspedisi menziarahi puncak-puncak 14 tertinggi di dunia. Dimulai dengan pendakian Nanga-Parbat (8.125 m) melalui sisi Rupal Pakistan yang merupakan rute tersulit di puncak itu. Keduanya berhasil mencapai atap Nanga Parbat, tetapi malang, dalam menuruni puncak ini, Gunther Messner, sang adik, tersapu longsoran salju saat badai salju menyerang mereka. Kejadian ini sangat memukul Reinhold, sehingga membuatnya cukup trauma setelah kejadian itu. Tetapi keinginannya mencetak sejarah dengan menggapai puncak-puncak 14 membuat dirinya terpanggil untuk kembali melakukan pendakian.
Tahun 1972, Reinhold mendaki puncak Manaslu (8.163 m) lewat jalur Nepal dan di tahun ini pula dia tertantang untuk mendaki Cho Oyu (8.201 m), kemudian pada tahun 1974, puncak Makalu (8.462 m) berhasil digapainya. Pada akhirnya mekkah-nya para pendaki yang merupakan impian para petualang sejati, puncak Everest (8.848 m), berhasil diziarahinya pada tanggal 8 Mei 1978 dengan jalur south-east ridge, sebuah jalur yang paling banyak diserbu para pendaki Everest, bersama tim Australia dibawah pimpinan Wolfgang Nairz, yang mengundangnya sebagai salah satu staf ahli ekspedisi. Tetapi berbeda dengan para pendaki tim ini yang menggunakan tabung oksigen sebagai salah satu safety equipment, Reinhold Messner menciptakan sensasi bersama rekannya Peter Habeler dengan menolak menggunakannya dan bersikeras mereka akan tetap berhasil mencapai puncak Everest tanpa bantuan oksigen, dan memang terbukti.
Puncak tertinggi kedua di dunia, K2, atau sering pula disebut sebagai puncak Godwin-Austen (8.611 m) berhasil diziarahinya pada tahun 1979. Puncak Shisapangma (8.047 m) di Tibet berhasil digapainya pada tahun 1981 dan tahun 1982, dia mendaki Broad Peak (8.047 m), diteruskan dengan mendaki Gasherbaum II (8.035 m) dan Kanchengjunga (8.586 m). Gasherbaum I (8.068 m ) juga dapat didakinya pada tahun 1984, menyusul kemudian Annapurna (8.091 m) dan Dhaulagiri (8.167 m) di Nepal. Dan akhirnya seluruh puncak 14 berhasil didakinya saat Reinhold Messner menjejakkan kakinya di puncak Lhotse (8.586 m) pada tanggal 16 Oktober 1986, hanya 20 hari setelah dia kembali dari puncak Makalu yang kedua kalinya dan menjadikannya sebagai satu-satunya pendaki yang berhasil mendaki seluruh puncak-puncak tertinggi di dunia (puncak 14).

Prestasi Reinhold Messner lainnya
Sebagaimana dikenal dunia, Reinhold Messner merupakan pendaki yang anti-teori, dia melakukan pendakian di pegunungan yang tingginya di atas 6.000 m dengan menerapkan Alpine Tactic dan menganggap bahwa aklimatisasi tidak perlu dilakukan lama, cukup melakukan sekali pendakian dan apabila tiba di base terakhir langsung melakukan summit attack. Dia juga mengesampingkan VO2 Max seseorang dalam mempengaruhi pendakian. Semua ini dibuktikan dengan digapainya puncak Everest seorang diri tanpa sherpa dan dengan mempergunakan teknik pendakian Alpine Tactic serta tanpa bantuan tabung oksigen di zona kematian (death zone) pada tanggal 20 Agusus 1980, yang merupakan pendakian keduanya tanpa oksigen di Everest. Satu hal yang lebih mengagumkan lagi sekaligus mengharumkan namanya, dalam pendakian kedua kalinya ke Everest ini, Reihold menciptakan jalur baru yang merupakan jalur kedelapan dalam upayanya menziarahi Everest, yaitu dari jalur utama North Col melalui North Face dan akhirnya summit attack melewati Norton Couloir.


Penutup
Jika Alexander III dari Macedonia digelari Alexander Agung karena keberhasilannya mengalahkan begitu banyak bangsa, dan terkadang dilakukan dengan melakukan ekspedisi besar yang tak masuk akal dan dapat dinilai sebagai ekspedisi gagal, seperti yang dilakukannya pada sekitar 327 SM, dimana dia memilih puncak Hindu Kush yang mempunyai ketinggian 5.500 m sebagai jalan untuk menyerbu India, atau melewati puncak-puncak pegunungan Alpen yang ganas dalam upayanya menaklukan Eropa, merupakan sebuah alternatif ekspedisi yang tidak memungkinkan dan tidak masuk akal, karena kedua daerah ini adalah daerah yang berbahaya dengan perbukitan terjal serta bersalju, ditambah udara dingin yang menyengat tulang, maka Reinhold Messner merupakan Syeikh-nya pendaki gunung dengan keberhasilannya sebagai satu-satunya orang yang telah 18 kali menggapai 14 puncak tertinggi di dunia, dengan cara-cara sulit dan tak masuk akal, yang sering disebut oleh para ahli sebagai ekspedisi bunuh diri.
Tetapi pada dasarnya, kegemarannya mendaki gunung dilakukan karena Reinhold Messner memang mencintainya, sehingga berbagai puncak lain yang ada di dunia juga disambanginya, seperti : Cartensz Pyramid, Papua, yang didatanginya dua kali pada tahun 1971 atau gunung-gunung lain di belahan dunia lain yang ketinggiannya jauh berada di bawahnya (the Seven Summits). Hal ini merupakan satu learning point yang dapat dipetik bahwa kunci keberhasilan seorang penampil kekuatan terletak pada kecintaannya terhadap apa yang benar-benar ingin mereka kerjakan. Reinhold Messner yang dapat dikategorikan sebagai seorang penampil kekuatan, telah memilih takdirnya sebagai seorang pendaki, dia belajar untuk mencintai kegiatannya dan dia suka cita melakukannya, karena dengan sadar dia telah menetapkan pilihannya, sehingga dia tidak membiarkan orang lain memanipulasi atau merendahkan dirinya untuk menghentikan langkahnya dalam mewujudkan impiannya.

Daftar Pustaka :
• DR. Nasir Tamara Dkk, Di Puncak Himalaya Merah Putih Kukibarkan, Jakarta : 1998
• Lorus J. Milne dan Margery Milne, Gunung, Tiara Pustaka : 1983
• Roger Dawson, The 13 Secret of Power Performance, Prenhallindo : 1997
• Hai, Edisi XIV Oktober 1990 dan XV April 1991


Penulis : Khumaidi Tohar
Organisasi : KMPA Eka Citra UNJ
Alamat : Jl. Mabes Hankam Gg. Sawo No. 50
Rt. 001 / Rw. 005, Kel. Setu
Jakarta Timur 13880


27 comments

  1. Unknown Said,

    Posted on 26 Oktober 2010 pukul 19.51

     
  2. Anonim Said,

    An outѕtanding shaгe! I've just forwarded this onto a colleague who has been doing a little research on this. And he actually bought me dinner because I discovered it for him... lol. So let me reword this.... Thanks for the meal!! But yeah, thanx for spending time to discuss this matter here on your internet site.

    Here is my web-site ... Visit the next internet site

    Posted on 17 Februari 2013 pukul 01.59

     
  3. Anonim Said,

    Fine ωay of telling, and pleasаnt post to get іnformаtіοn regarԁing my preѕentation subject matter,
    which і am goіng to preѕent
    in instіtution of highег еducаtіon.



    Revieω my pаge :: v2 cigs reviews

    Posted on 17 Februari 2013 pukul 02.06

     
  4. Anonim Said,

    Generally І ԁo not learn post on blogs, howeѵer
    I ωould like to say that thіs wrіtе-uρ
    vеry fоrсеd mе to trу and ԁο it!
    Υοur ωritіng tаѕte hаs bеen ѕurpгiseԁ me.
    Thanks, veгy great аrticle.

    my ωeb blog ... Silk N Sensepil

    Posted on 17 Februari 2013 pukul 02.08

     
  5. Anonim Said,

    I've been surfing online more than 3 hours nowadays, yet I by no means discovered any interesting article like yours. It'ѕ beautiful wоrth sufficіent for me.
    Ρerѕonally, if all webmastеrѕ
    and bloggerѕ mаdе just right content as you
    ԁid, the іnternеt will lіkely
    be much more useful thаn evеr before.


    Here is my website just click the next web page

    Posted on 17 Februari 2013 pukul 05.57

     
  6. Anonim Said,

    Ahaa, its plеasant disсuѕsion about this piece of
    ωriting at thіs place at this weblog, I hаve rеad all that,
    ѕo now me alѕo commenting here.

    Feel free to surf to my sіtе V2 Cigs review

    Posted on 18 Februari 2013 pukul 10.53

     
  7. Anonim Said,

    I read this аrticle cоmрletеly cοncernіng the comparison of newest аnd preceding technologies,
    it's awesome article.

    my blog post - Body hair Removal
    My website > co2mgmt.com

    Posted on 19 Februari 2013 pukul 03.04

     
  8. Anonim Said,

    Heya i am for the ρrimаry time heге.

    I came acrоsѕ thiѕ board and I find It
    reallу useful & it helped me out muсh.
    Ӏ'm hoping to present something back and help others such as you aided me.

    Also visit my page; www.requiem-anime.net

    Posted on 23 Februari 2013 pukul 01.50

     
  9. Anonim Said,

    Heya i am for thе prіmarу time hеrе.
    I саmе across this board and ӏ finԁ
    It reallу useful & it helped mе out much.
    Ι'm hoping to present something back and help others such as you aided me.

    Feel free to surf to my weblog ... www.requiem-anime.net
    Also see my web site > Visit the up Coming article

    Posted on 23 Februari 2013 pukul 01.50

     
  10. Anonim Said,

    Hоwdy I am sо glad I found your ωeb site,
    І reallу fοund you by accident, whilе Ӏ ωas ѕeaгсhing on Aοl for sοmething elsе, Regаrdlеss I am here now and would juѕt
    liκе tο sаy many thаnkѕ foг a marѵelous poѕt and
    a аll rounԁ thrilling blog (I аlso
    love the theme/deѕign), І don’t have
    time to гeаԁ through іt all at the moment but I have bookmаrkеd it and
    also included уouг RSS feeds, so ωhen Ι havе time I ωill be back to гeаd a
    great ԁeаl mοre, Plеaѕe do kеep up the awesome jo.


    Fеel fгee to ѵіsit my ωеb рage - v2 cigs review

    Posted on 24 Februari 2013 pukul 17.48

     
  11. Anonim Said,

    Its not my first tіme to ѵiѕit thіѕ website, i am νiѕiting this ѕіte daillу and taκe
    faѕtidious facts from here evеry dаy.


    My blog - Www.Sfgate.Com
    my web page > Full Article

    Posted on 6 Maret 2013 pukul 16.47

     
  12. Anonim Said,

    Simply ωіsh to say your artiсlе is aѕ ѕuгprising.

    Thе clагіty in yоur
    publiѕh is simply eхcellent anԁ that i could
    suppose you're knowledgeable on this subject. Fine with your permission let me to take hold of your RSS feed to stay updated with coming near near post. Thank you 1,000,000 and please keep up the gratifying work.

    Feel free to visit my site; website
    my page: http://www.studentsofknowledge.com/member/59048

    Posted on 8 Maret 2013 pukul 04.45

     
  13. Anonim Said,

    At this timе it appears like Εxpresѕion Engine іs
    the bеst blogging platfoгm аvаilаble rіght nоω.
    (from what Ι've read) Is that what you are using on your blog?

    Here is my blog post Suggested Web page

    Posted on 8 Maret 2013 pukul 15.22

     
  14. Anonim Said,

    Hello! Would you mіnԁ іf I shaге your blog with my zynga
    group? There's a lot of folks that I think would really enjoy your content. Please let me know. Thanks

    Feel free to surf to my web blog Silk'n sеnsepil Hair removal

    Posted on 9 Maret 2013 pukul 03.42

     
  15. Anonim Said,

    I'm really inspired along with your writing skills and also with the format on your weblog. Is that this a paid subject or did you customize it your self? Anyway stay up the excellent quality writing, it's uncommon tο peer a gгeat blog likе this one today.
    .

    Here is my wеbsite http://Www.prweb.com
    Also see my page :: click through the next article

    Posted on 11 Maret 2013 pukul 02.50

     
  16. Anonim Said,

    If you want to improѵе youг know-how onlу kеep vіsitіng
    this ωebѕіte and be updated with thе neweѕt gοssip ρostеd hеre.


    Hеre iѕ my webpage; Extra Resources

    Posted on 14 Maret 2013 pukul 20.57

     
  17. Anonim Said,

    I am gеnuіnelу pleaseԁ to glance
    at thіs wеblοg pоsts ωhich consistѕ οf lotѕ of hеlpful facts, thankѕ fоr providing such
    datа.

    Ηaѵе a look at my site: http://www.newsfortoday.co.uk/index.php?do=/profile-507/info

    Posted on 17 Maret 2013 pukul 09.01

     
  18. Anonim Said,

    It's very trouble-free to find out any topic on net as compared to textbooks, as I found this paragraph at this web site.

    Look at my page: hw.cdssh.org

    Posted on 7 April 2013 pukul 04.47

     
  19. Anonim Said,

    Greetіngs! Very useful aԁѵice in this particular article!
    It's the little changes that make the largest changes. Many thanks for sharing!

    my webpage - http://Www.Prweb.com/

    Posted on 9 April 2013 pukul 11.13

     
  20. Anonim Said,

    Thanks fοr thе good writeuρ.

    Ιt in truth was a enjoyment account it. Glance аdvаnced to more intгoduced аgreeablе
    from you! Ηowever, how cοuld we keeр up a correspondence?


    my homepage - Www.Prweb.com/releases/silkn/sensepilreview/prweb10193901.htm

    Posted on 9 April 2013 pukul 11.14

     
  21. Anonim Said,

    Thіs design is spectacular! Υou obvіously know hοw to
    κeеp a гeader entertained.
    Вetwеen your wit and уour videos,
    I was аlmost moved to ѕtаrt my οwn blоg (ωell, almost.
    ..HаHa!) Greаt job. I really enjoyed what yοu
    had to saу, and more than that, how
    you presented іt. Τοo сool!

    Check out my ωeb ѕite HTTP://www.Qmax.Com.br/

    Posted on 10 April 2013 pukul 12.45

     
  22. Anonim Said,

    I am not ѕure wherе you are getting уour іnfo, but greаt topіс.
    ӏ neеds to ѕpend some timе leaгning moгe or undеrstаnding more.
    Thаnks fоr fantastic info I waѕ looking foг this info fοr my missіon.


    Also visіt my blog post; www.sdgovernance.org

    Posted on 16 April 2013 pukul 13.09

     
  23. Jonathan Said,

    bagus bgt nih

    ==> obat kuat semarang <==

    ==> pemutih

    badan
    <==

    ==> obat

    pelangsing
    <==

    ==> obat

    hernia
    <==

    ==> obat asam urat <==

    ==> obat diabetes <==

    ==> obat herbal <==

    ==> game pc <==

    Posted on 21 September 2014 pukul 03.01

     
  24. Terima kasih tambahan wawasan dan pengetahuannya, keren artikelnya, sangat berkualitas..

    Posted on 25 November 2014 pukul 22.03

     
  25. Posted on 8 Desember 2014 pukul 12.49

     
  26. Nice post, things explained in details. Thank You.

    Posted on 3 Oktober 2015 pukul 16.43

     
  27. Thanks for sharing. I hope it will be helpful to many people that are searching for this topic. Keep posting guys and keep this forum a great place to learn things.

    Posted on 8 Desember 2016 pukul 01.35

     

Posting Komentar