Entah kenapa kemarin tiba - tiba saya jadi pengen banget jalan2 ke daerah pantai. Mungkin rasa penat yang masih terasa setelah melakukan pendakian ke gunung merapi kemarin membuat saya ingin sedikit ber leha – leha di tempat yang kondisi geografisnya berbeda 180 derajat dari daerah pegunungan. Yaaa.. kemana lagi kalo bukan ke pantai. Hehehe..
Iseng – iseng saya coba browcing di…… alagh.. sok imut..!!. maksud saya, browsing di internet untuk mencari info destinasi wisata pantai yang bisa saya kunjungi. Sampai akhirnya mouse saya tertahan pada artikel tentang karimun jawa hasil postingan seorang teman di Kaskus. Wow.. what a fantastic place to come.. itu kata2 pertama yang keluar dari mulut saya. Yaa.. sebenernya sih aslinya ,“wah, bagus banget nih tempat, harus kesana nih gw", Cuma biar keren, saya translate pake google, hasilnya ya itu tadi.. hahaha..

Tapi sementara menunggu uang saya terkumpul buat ongkos kesana, saya pikir kayaknya oke juga kalo sekalian nulis tentang Karimun Jawa buat sharing sama temen2 semua.
sapa tau aja kalo nanti ada yang tertarik kesana bakalan ngajak2 saya.. (ngarep mode : ON). Akhirnya, setelah minta izin sama sang penulis artikel untuk mengutip sebagian artikelnya, plus cari2 info tambahan di mbah google. mulai deh nulis2 seadanya..

Karimun Jawa terletak di perairan laut Jawa. Berjarak sekitar 83 km di utara kota Jepara, Jawa Tengah. Kawasan ini merupakan sebuah kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 27 buah, dengan total luas daratan1.500 Ha dan luas perairan kira2 110.000 Ha. Dari total 27 pulau tersebut, hanya 5 pulau yang berpenghuni. Yaitu Karimun Jawa, Kemujan, Parang, Nyamuk dan Genting. Sejak tahun 2001, kawasan ini sudah di tetapkan sebagai Taman Nasional oleh pemerintah daerah Jepara. Karimun Jawa adalah rumah bagi sekitar 400 satwa laut, 242 diantaranya adalah jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah. Pantai-pantai di Karimunjawa sebagian besar berpasir putih, oleh karena itu cocok untuk kegiatan berjemur, menyelam dan memancing.

Banyak hal yang bisa anda lakukan di kawasan kepulauan Karimunjawa, diantaranya adalah:
1. Olah raga selam.
2. Mandi di Pantai dan Berjemur, cocok dilakukan di Pulau Menjangan Besar yang berpasir putih dan Pulau Cemara Kecil.
3. Snorkeling, di berbagai spot yang memberikan pemandangan bawah laut yang mengagumkan.
4. Memancing, para hobiist mancing dapat menyalurkan hobinya dengan menyewa kapal.
5. Glass bottom boat, bag i yang tidak bisa berenang bisa menikmati keindahan bawah laut dng glass bottom boat.
6. Jetski dan banana boat, bagi yang menyukai olah raga air ini, dapat melakukannya di karimunjawa.
7. Penangkaran ikan hiu, mencoba merasakan fear factor disini, bercanda dengan hiu.
8. Berperahu mengunjungi pulau-pulau, banyaknya pulau-pulau yang indah, dapat anda kunjungi dengan menggunakan perahu.
9. Ziarah dimakam Sunan Nyamplungan.
10. Menyelami kehidupan tradisi nelayan Bugis dan Madura dengan rumah khas panggungnya.
yang pasti trip wisata menuju kepulauan karimun jawa tidak akan cukup hanya dengan 1 atau 2 hari, jadi sebaiknya anda memiliki waktu liburan cukup panjang untuk dapat menikmati keceriaan dan sensasi berlibur yang menyenangkan di kepulauan Karimun Jawa.


Beberapa pulau yang terdapat di Kepulauan Karimun Jawa :
Spoiler:


Pulau Cemara Kecil





Pulau Kumbang



Pulau Krakal Besar



Pulau Bengkoang



Pulau Kembar



Pulau Katang



Pulau Kecil



Pulau Karang Kecil



Pulau Cendekian



Pulau Burung




How To Get There?

Untuk menuju kesana, anda bisa melalui kota Jepara atau Semarang.
ada beberapa model transportasi yang bisa anda gunakan untuk menuju kesana. Bisa dengan menumpang kapal ferry, Kapal Motor Cepat, bahkan untuk anda yang memiliki dana berlebih, bisa menggunakan transportasi udara, alias pesawat.
Untuk para backpacker, yang biasanya lebih mengutamakan kepuasan perjalanan dengan biaya seminim mungkin, bisa menggunakan kapal ferry KM Muria.

KM Muria ( kapal Ferry)



tarifnya untuk kelas ekonomi sebesar Rp. 30.500 dan untuk kelas VIP sebesar Rp. 60.250
untuk penumpang yang membawa sepeda motor, dikenakan tarif tambahan sebesar Rp. 27.500. Dengan lama perjalanan sekitar 5 - 6 jam. Bergantung pada kondisi ombak pada saat perjalanan.

No. Telepon yang bisa di hubungi :
0291-59104820

Jadwal Keberangkatan KM Muria:
Sabtu (Jepara - Karimunjawa) : 09.00-15.00
Senin (Karimunjawa - Jepara) : 09.00-15.00
Rabu (Jepara - Karimunjawa) : 09.00-15.00
Kamis (Karimunjawa - Jepara) : 09.00-15.00

Atau, jika kenyamanan adalah prioritas utama anda dan besar ongkos berada di urutan kesekian, anda bisa menumpang kapal motor cepat (KMC) Kartini. yang satu ini bertarif Rp. 110.000 untuk kelas bisnis, dan Rp. 135.000 untuk kelas eksekutif. Dengan menggunakan kapal jenis ini, anda bisa menghemat waktu perjalanan. waktu yang diperlukan untuk menuju kepulauan Karimun Jawa adalah sekitar 3 - 4 jam.


Jadwal keberangkatan KMC Kartini :
Sabtu (Semarang - Karimunjawa) : 09.00-12.30
Minggu (Karimunjawa - Semarang) : 14.00-17.30
Tarif :
Bisnis = Rp. 110.000,-
Eksekutif = Rp. 135.000,-

Senin (Semarang - Jepara - Karimunjawa) : 07.00-10.00-12.30 *
Selasa (Karimunjawa - Jepara-Semarang) : 11.00-13.30-16.30 *
:::: * 2 minggu 1 kali

No. telepon yang bisa di hubungi :
- 024 7400010
- 08156627808 - bpk. purwanto











Dan, untuk anda yang mungkin lebih senang membayar dengan hitungan dollar, (lebay), dan terbiasa berwisata dengan fasilitas VIP, yang dibawah ini mungkin bisa jadi pertimbangan buat anda.
Pesawat terbang Kura - Kura Aviation.

Layanan eksklusif ini dapat anda nikmati dengan merogoh kocek sebesar US$412,5 per jamnya untuk pesawat dengan 3 seat dan US$1.155 per jam untuk pesawat dengan jumlah seat 6. sewa minimal adalah 2 jam. dan untuk perjalanan menginap di Karimun Jawa, dikenakan charge sebesar 3 jam. Buat backpaker seperti saya, opsi ini mungkin gak mungkin ada dalam daftar. ongkosnya saja bisa buat biaya berlibur disana selama berminggu - minggu, hehehe. Memang yang biasa menggunakan transportasi jenis ini adalah para wisatawan mancanegara.
Untuk semua transportasi diatas, ada baiknya jika sebelum melakukan perjalanan, anda menghubungi penyedia layanan transportasi tersebut untuk melakukan konfirmasi ketersediaan dan jadwal armada pada saat keberangkatan anda. ini untuk menghindari masalah2 yang mungkin dapat mengganggu liburan anda. seperti habisnya tiket, kondisi perairan laut jawa, dan sebagainya. hal ini juga berlaku untuk hotel dan wisma2 yang tersedia di Kepulauan Karimun Jawa. karena biasanya, apalagi pada saat musim liburan, kebanyakan hotel atau homestay telah dibooking dari jauh - jauh hari.


Ada beberapa hotel dan homestay di Kepulauan Karimun Jawa yang bisa anda jadikan tempat menginap. Harganya pun masih cukup terjangkau. Untuk anda yang mungkin kehabisan stock penginapan, bisa mendirikan tenda di pinggir pantai. Makanan yang tersedia pun harganya cukup terjangkau. atau jika anda hobi memancing, anda bisa memancing, lalu menikmati hasil pancingan anda dengan cara dibakar di tepi pantai. wew, makan ikan bakar ditemani deburan ombak yang memecah ditepi pantai.. ah, saya mah sering,, Piss... hahaha..
soal kegiatan apa saja yang bisa anda lakukan disini, itu terserah anda. ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengisi liburan anda di kepulauan Karimun Jawa. Menyelam, Memancing, bahkan Hiking bisa anda lakukan di kawasan ini. Semua terserah anda. Yang pasti, sensasi liburan tak terlupakan akan anda rasakan di kepulauan karimun jawa. itu sih kata yang pernah kesana.. hehehe.
Oh ya.. menurut informasi yang saya dapat, di kawasan karimun jawa hanya tersedia Bank BRI yang buka pada hari senin, jadi pastikan anda membawa uang cash agar tidak mengalami kesulitan selama berada disana. Untuk anda yang membawa laptop, anda bisa menggunakan fasilitas hotspot yang ada di Mainland, tepatnya di pusat hotspot di kecamatan. Anda bisa browsing selama 24 jam disini.
Untuk anda yang mungkin memiliki dana ekstra, dan tidak punya waktu untuk mengurus segala hal untuk persiapan liburan anda, anda bisa menggunakan layanan travel dan wisata yang menyediakan paket liburan kesana. Ada beberapa layanan paket wisata yang bisa anda pilih. beberapa penyedia layanan paket ini menawarkan fasilitas yang berbeda satu sama lain. Untuk informasi seputar penyedia layanan wisata ini masih dalam proses konfirmasi. Ditunggu ajah ya..


Penginapan di karimun Jawa


HOMESTAY : all in mainland, tidak terlalu jauh dari pasar dan dermaga rakyat
Spoiler:



1. Mulya Indah
Telepon: (0297) 312106
harga kamar: 55rb per kamar per malam (untuk 2 orang), ada kipas angin.
kamar mandi: luar
makanan: pesan, 17.500 per porsi per orang.


2. Karimun Indah
Telepon: (0297) 312114
harga kamar: 60rb per kamar per malam (untuk 2 orang). 100rb per kamar per malam (untuk 4 orang). Ada kipas angin.
kamar mandi: luar
makanan: pesan. bisa menyediakan tempat dan paket untuk barbeque juga di halaman rumahnya. minimal 10 orang.


3. Kalimasada
Telepon: (0297) 312224
harga kamar: 60rb per kamar per malam (untuk 2 orang).
kamar mandi: dalam.
makanan: pesan. 20rb per porsi per orang.
others: bisa beli rumput laut kering kiloan di sini. Lumayan buat oleh2.


4. Hamfa
Telepon: (0297) 312125
harga kamar: 75rb per kamar per malam (untuk 2 orang). Gaya rumah jaman dulu (belanda), adem kayanya walopun ga ada kipas angin. Kamar Ok.
kamar mandi: luar.
makanan: pesan. harga kurang tau ^^
others: menyediakan paket tour di karimun. 3 hari 2 malam harganya 365 ribu termasuk makan dan kamar, minimal 7 org.




HOTEL:
Spoiler:



1. Escape Romantic Beach Hotel
Telepon: (0297) 312277
harga kamar: 200rb per kamar per malam (untuk 2 orang), AC, spring bed. Suite room: 275rb per kamar per malam (untuk 2 orang). Extra bed: 50rb per malam (termasuk extra breakfast juga). Kamarnya ok lah
kamar mandi: dalam, with shower dan air panas.
makanan: harga include breakfast, biasanya nasi goreng, boleh pesan teh atau kopi salah satunya. Free air panas di termos buat yang pengen.
others: lokasi dekat dari dermaga ferry dan dewadaru resort, agak jauh dari pasar/lapangan kota/dermaga rakyat. ada pantai kecil. kamarnya ok lah.


2. Duta Karimunjawa
Telepon: (0297) 312207
harga kamar: 150rb per kamar per malam (untuk 2 orang), AC.
kamar mandi: dalam, no shower.
makanan: harga include breakfast, tergantung masakan, kadang cukup berat (ada lauk).
others: lokasi cukup dekat dengan pasar/lapangan kota/dermaga rakyat.




Untuk info lengkap, atau bagi anda yang ingin mencari informasi lebih banyak soal Kepaulauan Karimun Jawa, anda bisa masuk ke sub forum Karimun Jawa di KasKus, jangan lupa register kalo anda belum menjadi member. atau anda bisa join di group karimun jawa di Facebook.


Atau anda bisa comment di bawah artikel ini, atau langsung email saya di catur_4884@merbabu.com. Sebisa mungkin saya bantu carikan informasi yang anda butuhkan.
Selamat Berwisata.........

10 comments

  1. unique Said,

    waw karimun jawa , bagus kalee!!!!

    Posted on 27 Agustus 2009 12.28

     
  2. Anonim Said,

    ada info paket nya mggak boss, untuk paketr liburan weekend via travel wisata or biro jasa, jadi kita tinggal terima bersih... thanks..

    Posted on 16 September 2009 02.12

     
  3. desy Said,

    Terima kasih banyaaak ya, sukses ke karimun nih, salah satunya berkat info dari sini.
    Sekadar tambahan info, kalo ketinggalan naik fery jangan berkecil hati cari disekitar situ kapal belanja yang mau balik ke karimun, numpang aja biaya sekitar 30rb waktu tempuh 5-6 jam

    Posted on 1 Oktober 2009 09.33

     
  4. Anonim Said,

    wow... keren.... baru tau kali ini jawa tengah punya pulau nan indah permai.... padahal biasa bolak balik ke rembang n tuban....

    Posted on 21 Juli 2010 14.47

     
  5. Traveling Said,

    sip banget nih inponya, thanks ya dah berbagi informasi tentang karimun jawa.

    Posted on 5 Agustus 2010 06.51

     
  6. biskuit Said,

    Ternyata indah ya :D

    Posted on 26 September 2010 19.04

     
  7. Thanks informasinya

    Posted on 4 Januari 2011 19.18

     
  8. Looks amazing!

    Posted on 22 Maret 2011 03.30

     
  9. Anonim Said,

    sekarang ada kapal cepat baru namanya express bahari, tiket kalo ga salah 65rb/pax. jadi ke karjaw sekarang bisa lebih efisien waktunya, dari jepara ke karjaw sekitar 80-90 menit aja kalo ga salah saat arus tenang.

    Posted on 1 September 2012 09.01

     
  10. Posted on 8 Desember 2014 12.53

     

Poskan Komentar