Pulau pramuka berada pada bagian tengah gugusan kepulauan seribu. Memiliki luas sekitar 9 Ha. Secara administratif, pulau pramuka berada di kelurahan pulau panggang, kecamatan kepulauan seribu utara, provinsi DKI Jakarta, dengan jumlah penduduk sekitar 1.004 jiwa. Sebagai pusat pemerintahan kepulauan seribu, pulau pramuka memiliki bermacam fasilitas yang lebih lengkap dibanding pulau2 disekitarnya.

Di pulau ini tersedia sekolah2 mulai dari tingkat SD sampai SMA, rumah sakit, kantor kelurahan, pusat pelestarian penyu sisik, dan lain lain. Selama ini pulau pramuka menjadi salah satu lokasi tujuan wisata favorit di kepulauan seribu, selain pulau untung jawa, pulau puteri dan pulau bidadari. Kondisi pulau dan laut yang masih sangat terjaga serta pemandangan laut yang indah merupakan pengalaman yang tidak akan mudah terlupakan bagi wisatawan yang berkunjung kesana. Ditambah keramahan penduduk yang menghuni pulau pramuka memberikan kesan aman dan nyaman bagi para wisatawan. Selain itu, letaknya yang strategis membuat pulau pramuka dapat dijadikan lokasi homestay yang ideal untuk mengunjungi pulau2 lain yang berada di kawasan kepulauan seribu.

Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengisi liburan anda disini, seperti snorkeling, diving, memancing, kayaking, atau sekedar menikmati sunset di dermaga pulau pramuka bersama pasangan. Untuk snorkeling, anda cukup merogoh kocek sebesar 20 – 40 ribu rupiah untuk 6 jam. Lokasinya, anda bisa memilih untuk snorkling di sisi dermaga pulau pramuka, atau ikut paket trip yang disediakan untuk snorkeling di lokasi yang mereka anda mau. Sedangkan untuk scuba set, anda bisa menyewanya dengan harga 350 ribu rupiah untuk 2 kali diving. Perairan sekitar pulau pramuka memang sangat bagus untuk dijadikan lokasi snorkeling dan scuba diving. Selain karena kejernihan air dan arus yang bersahabat, kawasan ini mempunyai kekayaan ekosistem bawah laut yang masih terjaga kelestariannya. Itulah sebabnya mengapa banyak instruktur dan operator scuba diving di wilayah jabodetabek menggunakan kawasan pulau pramuka sebagai lokasi latihan penyelaman mereka.

Untuk anda yang mempunyai hobi memancing, anda bisa menyalurkan hobi anda di dermaga pulau pramuka yang terletak dibagian depan pulau. Atau jika anda ingin hasil yang lebih memuaskan, anda bisa menyewa kapal nelayan yang banyak tersedia untuk memancing di spot2 mancing yang banyak di huni ikan2 besar. Untuk menyewa kapal mincing ini, anda tinggal merogoh kocek sekitar 350 – 450 ribu rupiah per trip. Jauh lebih murah dibandingkan lokasi – lokasi lain seperti tanjung pasir dan tanjung kait di tangerang.

Ingin berdayung santai sambil menikmati matahari tenggelam bersama pasangan anda? Silahkan coba menyewa kayak yang tersedia disana. Harga sewanya sekitar 50 ribu rupiah untuk satu jam. Anda bisa mencoba mengetes kekompakan anda dan si dia dalam mendayung sampan. Sambil menikmati semburat jingga matahari senja yang perlahan kembali ke peraduannya. Lalu mintalah seseorang mengambil gambar silhouette anda bersama pasangan saat matahari sudah separuh menghilang. Owh… sungguh sebuah pengalaman yang tidak akan anda lupakan sepanjang hidup anda bersama si dia. (lebay gak ya..? gak kali… )


How To Get There

Untuk menuju pulau pramuka anda bisa melalui pelabuhan Muara angke atau Marina di ancol. Jika memilih melalui Muara angke, anda bisa menumpang kapal penumpang berukuran sedang yang hanya ada dua kali dalam sehari. Yaitu pada pukul 7 pagi dan pukul 1 siang. Tarifnya sekitar 30 ribu rupiah untuk sekali jalan. Pastikan anda datang setidaknya 30 menit menjelang keberangkatan. Karena terutama pada akhir pecan atau saat liburan, anda harus berebut tempat dengan penumpang lain. Karena di kapal ini, anda tidak akan menemukan satu kursi pun selain kursi nahkoda kapal di bagian depan, alias lesehan. Waktu tempuh menuju pulau pramuka sekitar 2,5 sampai 3 jam. Tergantung kondisi kapal dan gelombang di perairan laut jawa.

Untuk anda yang mempunyai kocek lebih dan lebih mengutamakan kenyamanan, anda bisa menumapang speedboat dari marina dengan tariff bervariasi. Antara 150 sampai 400 ribu per orang sekali jalan. Waktu tempuhnya sekitar 90 menit. Sepengetahuan kami, kapal dari marina hanya ada pada akhir pecan. Jadi untuk keamanan dan kenyamanan anda, sebaiknya anda terlebih dahulu menghubungi penyedia layanan transportasi tersebut di marina.

Homestay

Di pulau pramuka, ada banyak tempat yang bisa anda sewa untuk tempat menginap. Harganya bervarisasi, antara 350 – 500 ribu rupiah permalam. Jika beruntung masih kebagian tempat, anda bisa menginap di villa delima yang terletak tepat di pinggir pantai di bagian depan. Harga sewanya berkisar 350 ribu rupiah permalam. Atau anda bisa juga menyewa rumah2 yang di sediakan penduduk untuk anda sewa. Sebagian ada yang ber AC. Anda juga bisa memesan catering kepada pemilik wisma dengan kisaran harga 10 – 20 ribu rupiah perorang.

Beberapa Penginapan di Pulau Pramuka
Spoiler:

villa deLima
CP : (021) 54373149 , 08161324118 , 081319551955 (Mas Untung)
Ibrahim (021) 33837071
lokasi di dekat dermaga pulau pramuka

Homestay Laylad
CP Bu Wakil 70591444
lokasi sederetan sama vila 5, di depan deket dermaga

Homestay putih
CP Pak Mail 08176405654
lokasi sebelah homestay laylad

Homestay Pak Maing, : 021-32437733
lokasi dekat taman di depan kantor kabupaten, agak jauh dari dermaga

Villa dermaga
CP Pak Mail : 08176405654
lokasi agak di tengah, dekat lapangan bola

Homestay Bang Buloh (021-70138303)
lokasi di sisi belakang pulau pramuka, jauh dari dermaga, tapi di sisi pantai belakang, jadi bisa liat laut juga...

Wisma TNKpS
CP kantor Taman Nasional di Salemba (021-3519773)
lokasi di belakang pulau, dekat penangkaran penyu

Mega Home stay : (021) 23725638, 0815 9675 584 (Pak syaiful).





untuk anda yang mungkin punya waktu liburan yang panjang, anda bisa sekaligus mengunjungi pulau - pulau lain yang berada di sekitar pulau pramuka. seperti misalnya pulau panggang yang berada berhadapan dengan pulau pramuka. atau pulau air dan pulau semak daun yang menawarkan pemandangan yang tak kalah spektakuler. untuk menuju pulau panggang, anda bisa menumpang ojek kapal, dengan tarif 3 ribu rupiah sekali jalan. untuk mengunjungi pulau air dan semak daun, anda harus menyarter kapal dengan biaya 250 ribu rupiah. gak mahal kok, anda bisa patungan dengan orang lain yang kebetulan hendak ke pulau yang sama. Kapal yang di sewakan bisa menampung 10 - 15 penumpang, jadi gak mahal kan..?

Untuk tambahan informasi mengenai akomodasi dan transportasi di Pulau Pramuka, silahkan menghubungi pusat informasi wisata pulau pramuka di nomor 021 - 70317235. Anda juga bisa menghubungi kami melalui email, atau mengisi kotak komentar dibawah artikel ini.
selamat berlibur.

12 comments

  1. kenzi Said,

    emang keren pulau nya ,,
    soal nya deket sama pulau lain nya ,,
    trus dari pulau pramuka tuh deket ke nusa resto ,,
    enak banget nongkrong di situ sambil nikmatin es krim ikan + liat pengkaran hiu dan bandeng laut ,,

    Posted on 2 Juni 2012 18.22

     
  2. Eko Setiawan Said,

    Hoo

    Posted on 14 Oktober 2012 09.23

     
  3. Anonim Said,

    minta emailnya dong??pengen nanya2 :)

    Posted on 23 Oktober 2012 15.25

     
  4. pulau pramuka ada dimana ya ? (provinsi mna )

    Posted on 23 Oktober 2012 21.26

     
  5. Masyarakat Pulau Pramuka dan pulau tidung, cukup jauh berbeda budayanya. Padahal dekat.

    Posted on 16 April 2013 21.26

     
  6. kalo mau camping (bangun tenda) di pulau pramuka bisa gk ya? Harus izin ke petugas dulu, atau ada prosedurnya?

    Posted on 20 Mei 2013 17.17

     
  7. Pulau Tidung Said,

    Selain Pulau Pramuka, masih ada pulau tidung yang menjadi wisata pemukiman di Pulau seribu.

    Posted on 23 Juli 2013 13.44

     
  8. Pulau Pramuka yang merupakan salah satu wisata pemukiman, kini kalah populer dengan Pulau Tidung.
    Salam Wisata

    Posted on 11 September 2013 11.43

     
  9. infomasinya bagus nich saya juga suka dengan pulau pramuka

    Posted on 25 Oktober 2013 01.30

     
  10. Seperti di kepulauan seribu Jakarta, sektor pariwisata menjadi sumber utama untuk mendongkrak perekonomian masyarakatnya. Salam Wisata.

    Posted on 9 Desember 2013 13.47

     
  11. aurel H.S Said,

    ada paket wisata kisaran akhir mei engga buat acara perpisahan kelas untuk kapasitas 20-30 orang

    Posted on 2 April 2014 14.37

     
  12. infonya keren gan, salam kenal dari http://goo.gl/kxdtil

    Posted on 14 Mei 2014 10.18

     

Poskan Komentar