Dari Angkasa, Everest Bukan Titik Tertinggi di Dunia

Bila dilihat dari angkasa, atau dari bulan. Ternyata Gunung Everest bukan menjadi titik tertinggi di dunia. Chimborazo di Ecuador jawabannya.
Seperti kita tahu, Gunung Everest di Himalaya dengan ketinggian 8.818 meter di atas permukaan laut (mdpl) merupakan puncak tertinggi yang ada di bumi. Namun, bila kita melihatnya dari angkasa, predikat gunung tertinggi tersebut jadi berubah arah.

Masalahnya begini, bumi ternyata tak sepenuhnya bulat. Kaum matematikawan menyebut fenomena ini oblate spheroid, yang kira-kira berarti gelembung di seputar khatulistiwa. Karena pepatan berat di kutub, bumi menjadi mirip bola yang ditekan dua sisi. Jadi orang-orang yang tinggal di garis khatulistiwa, sebenarnya sudah berdiri lebih “tinggi”, daripada pulau lain. Ini berarti pula, lebih dekat ke angkasa, daripada orang-orang yang tidak tinggal di dekat gelembung khatulistiwa.
Negara-negara seperti Ekuador, Kenya, dan Indonesia terbilang paling mendekati bulan dengan teori ini. Kalau dihitung, orang-orang di khatulistiwa berada lebih dekat 13 mil ke angkasa, daripada orang-orang yang tinggal di kutub utara atau selatan.
Lalu kalau begitu, puncak tertinggi di mana yang paling dekat dengan angkasa di garis khatulistiwa tersebut. Paling tidak ada tiga gunung tinggi di wilayah ini. Gunung Kenya di Kenya, gunung Kilimanjaro di Tanzania dan deretan gunung salju di Andes. Dus, kalau kita mendaki salah satu gunung itu saja, berarti kita berada lebih dekat ke angkasa dan bulan, ketimbang mendaki Everest.
Joseph Senne, seorang insinyur yang juga surveyor, pernah mengkalkulasi berapa jauh sisa jarak dari deretan gunung khatulistiwa tersebut ke angkasa, khususnya bulan. Joseph dalam melakukan analisa tersebut, kemudian juga dibantu Neil deGresse Tyson, pengarang buku ilmu pengetahuan. Beberapa karyanya banyak mengupas mengenai sains dan kosmos. Buku-bukunya yang terkenal adalah Death by Black Hole, dan Other Cosmic Quandaries.
Sebetulnya hal ini sudah menjadi pengetahuan umum pada masa abad 18. Ketika Everest masih belum diketahui surveyor Britania, Chimborazo dianggap gunung tertinggi. Dan ketika telah ditemukan pun kenyataan cembungnya bagian katulistiwa telah dikemukan oleh geograf terkemuka Jerman abad 18, von Humboldt.
“Ketika kami selesai menghitung,” lanjut Joseph, “Kami pikir kami telah menemukan sebuah titik baru di dunia yang terdekat ke bulan dan angkasa luar,” tuturnya, kepada Robert Krulwich, reporter radio nasional publik (NPR)-AS, akhir minggu lalu.
Jawabannya adalah gunung Chimborazo di Ecuador. Gunung Chimborazo merupakan gunung di dataran tinggi Andes. Yang menurut ukuran Joseph, ternyata memiliki tinggi 1,5 mil lebih dekat ke angkasa dibandingkan Everest.
Namun tetap saja, kalau melihat titik tertinggi dari patokan garis laut, Everest tetap menjadi rajanya. Namun bila kita berdiri di bulan, dan mencari titik terdekat yang ada dibumi. Puncak Chimborazo, jawabannya.
(sulung prasetyo)


sumber : sinarharapan.co.id

16 comments

  1. Dasril Iteza Said,

    benar sekali gan.....
    btw dah pernah traveling ke belitung blog gan?

    Posted on 16 November 2010 pukul 14.30

     
  2. kerlipcuTe Said,

    hhh,,pantesan pas travelling ke bUlan jlas bgt lihat ni gunung...

    Posted on 13 Desember 2011 pukul 00.17

     
  3. dea Said,

    hebat!

    Posted on 5 Mei 2012 pukul 19.43

     
  4. gunung sahari gunung tertinggi dijakarta.

    Posted on 17 Mei 2012 pukul 12.34

     
  5. gunung sahari gunung tertinggi dijakarta.

    Posted on 17 Mei 2012 pukul 12.43

     
  6. Anonim Said,

    Kan dihitung dr MDL gan.

    Posted on 9 Desember 2012 pukul 08.23

     
  7. Unknown Said,

    Berarti kesimpulan mutlak nya, gunung tertinggi di dunia adalah gunung yang dimana posisi kita melihat nya menjadi tinggi. :D

    Posted on 5 April 2013 pukul 10.22

     
  8. Unknown Said,

    Titik Nol kan Permukaan Laut...

    Posted on 29 April 2013 pukul 11.13

     
  9. Ternyata beda lagi jika dilihat dari angkasa.. jadi tau ane sekarang gan..

    Posted on 21 Oktober 2013 pukul 16.41

     
  10. Mantapp gunung chimborazo..

    Posted on 19 September 2014 pukul 21.27

     
  11. Posted on 8 Desember 2014 pukul 12.50

     
  12. bluetripper Said,

    nambahin infonya
    7 gunung terindah dunia

    http://goo.gl/6KAxua

    Posted on 1 Januari 2015 pukul 20.31

     
  13. Selimut Said,

    thanks gan, ini ga pernah dibahas di buku2 ilmiah yg biasa kita baca

    Posted on 11 Mei 2015 pukul 05.25

     
  14. Unknown Said,

    Sip terima kasih gan buat infonya...

    Posted on 31 Agustus 2015 pukul 10.05

     
  15. Unknown Said,

    Sip terima kasih gan buat infonya...

    Posted on 31 Agustus 2015 pukul 10.05

     
  16. Unknown Said,

    wow info yang keren dan sekaligus memberi pencerahan.. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang cara membuat toko online yukk disini saja.. terimakasih

    Posted on 26 Mei 2016 pukul 14.43

     

Posting Komentar