Udah ada yang pernah ke Ujung Genteng? udah..? ya bagus lah kalo gitu, saya sih belum
heehehehe..
buat yang udah, anggap aja ini ajang nostalgia anda..
nah buat yang belum kayak saya, ini ada artikel tulisan seorang teman sesama blogger yang kebetulan dah pernah kesana. yang ternyata berbaik hati mengizinkan tulisannya saya copy paste. thanks to bro Fariz a.k.a Talijemuran. Kebetulan banget, soalnya dah beberapa hari ini saya sendiri lagi males banget nulis. sedikit ingatan tentang masa lalu menghancurkan Mood saya.. Alagh.. Curcol nih yee.. (Curhat Colongan). hehehe..
back to topic yuk..

Artikel ini berupa laporan perjalanan lengkap dengan foto2nya. mudah - mudahan berguna buat anda yang berencana ingin kesana..
sebagai penghargaan terhadap penulis, artikel ini masih merupakan naskah asli, tanpa ada penambahan atau pengurangan sedikitpun pada isi, foto, dan lain sebagainya..
artikel aslinya bisa anda lihat disini

huahaahahaaa... udah lama banget gak posting lagi.. hehehe.. maklum, kesibukan demi kesibukan membatasi diriku untuk blogging sementara waktu.. mulai dari kepanitiaan ISEE, Jurnalistic Fair, sampai LES (Leadership and Entrepreneurship School).. belom lagi setelah UAS kemarin disibukkan dengan pindahan dari asrama TPB ke kontrakan baru..

Liburan ini gue alih profesi, dari seorang mahasiswa rajin dengan tas selempang berisikan alkitab kalkulus 1 menjadi BOLANG alias backpacker kampungan dengan backpack idaman yg dibeli karena hasil diskonan.. beberapa tempat menarik ane kunjungin selama liburan nan singkat ini.. Pantai ujung genteng, curug cikaso, selo, puncak gunung merapi, wisata malam di bandung, kawah putih, situ patenggang, pemandian air panas cimanggu, cibodas, curug cibereum.. sedikit sekali bukan? heuheuheu.. sebenernya mau keliling jawa, tapi apa boleh buat.. abis dibohongin dalam sebuah kerjasama bisnis.. duit tujuh dijit melayang.. heuehueheu.. (curhat mode: ON)

dahh lah, buat yang pertama gue pengen laporan dulu perjalanan pertama di liburan ini.. ujung genteng menjadi satu-satunya alternatif tujuan (kok alternatif cuma satu ya? hehe).. perjalanan ke ujung genteng ini direncanakan dengan sangat matang, cukup setengah jam nangkring di forum travellers kaskus udah cukup buat gue memperkirakan budget dan jadwal kegiatan disana.. thanx kaskus.. :D

Berangkat dari rumah sekitar jam 9 pagi.. setelah nyontreng tentunya.. berangkat lewat tol jagorawi (masuk pintu tol cibubur) langsung mengarah ke selatan dengan kecepatan tinggi, meski mobil agak ogel-ogel sedikit karena dah lama banget gak di balancing (kata bokap).. enjoy aja lah, think positive bisa sampai rumah lg dengan selamat.. hehe.. Di jalan sempet kena macet karena penyempitan jalur, ternyata karena ini nih..

Posisi jatuh crane nya anehhhh.. Okkeeeehh, lanjooooottt.. setelah keluar jagorawi perjalanan lancar sampe cidahu, agak kesendat dikit di pertigaan ke arah javana spa.. lalu lancar lagi sampai cibadak.. di pasar cibadak kena macet kurang lebih 45 menit.. penyebabnya cuma karena penyempitan jalur dan angkot-angkot lokal yang maen serobot aja.. bikin jalur dari arah berlawanan jadi mampet dahhh..

Selepas pasar cibadak kami langsung mengarah ke pelabuhan ratu lewat jalur umum (bukan via cikidang).. sampai pelabuhan ratu sekitar jam 1 siang, haha pas banget jam makan.. seperti yang ditunggu-tunggu, nyokap ngajakin makan di rumah makan pinggir pantai.. kita telusurin deh kota pelabuhan ratu ke arah cisolok sampai nemuin rumah makan yang rada rame..

siaaap santaaappp!!

Lanjut perjalanan ke arah kiara dua, melewati jalan berliuk-liuk dan kebon teh.. sebelum kebon teh ada bagian jalan yang rusak, kurang lebih sepanjang 1 kilometer.. disini pengendara motor dan sedan kudu waspada, lobang-lobangnya cukup dalem..

di kiara dua kita ambil arah kanan ke surade lewat jampangkulon.. disini kami isi bensin fulltank lagi buat antisipasi.. setelah surade kita mengarah ke barat menyusuri pinggir pantai.. sepanjang kurang lebuh 5 kilometer sampai akhirnya tiba di pendaratan kapal nelayan ujung genteng sekitar jam 5 sore.. suasana pelabuhan sangat sepi, tidak ada aktivitas nelayan sama sekali, di pasar pelelangan ikan juga tidak ada siapa-siapa..

dari pelabuhan langsung mengarah ke Pondok Hexa.. menurut beberapa referensi tempat ini sangat recommended karena nyaman dan murah.. jalan menuju pondok hexa sangat sempit, berundak-undak dan berpasir.. (pasti becek di musim hujan)

sampai Pondok Hexa kami langsung booking ojek buat nganterin kita ke tempat penangkaran penyu.. jam 8 malam habis makan kami dijemput oleh pasukan ini..

sampai di tempat penangkaran kita harus membayar biaya administrasi sebesar lima ribu rupiah saja.. kita akan dibimbing menuju tempat bertelurnya penyu oleh petugas yang ada disana.. Kita harus menunggu dulu di pos penangkaran sampai penyu yang bertelur siap diganggu oleh kami.. hehehe..

Dan akhirnya..

Jadi teman bermain..

Besoknya kala menikmati pagi hari di pantai depan Pondok Hexa, gue menemukan pemandangan ganjil..

Maen ke pantai deket pelabuhan.. Pasir putih nan lembut membentang.. Jadi alay pantai dahhhh...

Siangnya sekitar jam sembilan, sehabis sarapan kami sekeluarga touring kembali dengan abang-abang ojek yang semalam mengunjungi pantai-pantai sekitar ujung genteng..

diantaranya pantai cibuaya..

pantai akuarium.. (bisa liat terumbu karang dan hewan-hewan lautnya kalo lagi surut !!)

istirahat makan siang dulu di warung..

sampai deh di muara sungai cipanarikan..

di muara sungai cipanarikan ini pantai dan sungai terletak sejajar.. pemandangan yang gak ditemukan di tempat lain.. :D

pasir pantai cipanarikan pasirnya sangat bersih dan halus.. pokoknya empukk banget dahh.. mao gelinding2 juga serasa dikasur.. hahaha..

sorenya kita menuju pantai pangumbahan melepas tukik-tukik yang baru menetas..

ini tempat penangkaran telurnya..

dan si tukik kecil siap menuju kehidupan penuh tantangan..

lelahh usai touring kami menikmati sunset di pantai depan Pondok Hexa..

makan malam di rumah makan anugrah indah.. walo harus menunggu sampai setengah jam, sajian ikan bakarnya sangat manstaff.. enak bgt !!

foto sunset lagi nihhh..

esok paginya kita pulang, tapi tidak lupa mampir ke curug cikaso dolo.. ini pertigaan kalo dari arah sukabumi sebelum surade.. bikin rancu (di penunjuk tulisannya "tegal beleud" bukan "cikaso"

sampai di dermaga langsung bayar tiket.. 60ribu untuk satu perahu.. dan kita ditungguin selama bermain air di curug..

ini dia air terjunnya.. lagi musim kemarau, debitnya lagi kecil..

ade gue nampang narsis..

backpacker kampungan.. stay cool baybehhh..

oh ya, waktu naek perahu kita nemuin pohon kelapa yang bentuknya kayak gini nihhh..

sekian catetan perjalanan gue ke Ujung Genteng.. mohon maaf atas segala ucapan dan perbuatan yang berkenan...... ??
oh ya, kalo mau liat foto-foto yang lebih banyak lagi mampir ke MP gue aja, indonesiantraveller.multiply.com

8 comments

1. Maju Pariwisata indonesia !!!
    Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Posted on 11 September 2009 pukul 20.23

2. Anonim Said,

terima kasih sudah mengunjungi daerah saya! padahal masih ada yang anda lewatkan loh! kaya guning sungging, pantai cikawung pasir hitam dan pantai cikarang bolongnya!domo arigatou gozaimasu!

Posted on 28 Maret 2012 pukul 15.54

3. Unknown Said,

nice share gan .. FR yang lengkap.

Posted on 28 November 2012 pukul 15.00

4. Anonim Said,

Heya just wanted to give you a brief heads up and let you
    know a few of the images aren't loading correctly. I'm not sure why but
    I think its a linking issue. I've tried it in two different browsers and both show the same results.

Visit my web page simply click the next website page

Posted on 21 Maret 2013 pukul 02.57

5. Anonim Said,

I was very happy to find this web site. I need to to thank
    you for ones time for this particularly fantastic read!
    ! I definitely savored every bit of it and I have you saved as a favorite to check out new stuff
    on your site.

Also visit my page ... Dayton Movers

Posted on 21 Maret 2013 pukul 03.01

6. ujung genteng memang pantai yg seru untuk dikunjungi, baik sendirian ato rame2 sama temen. Seru deh, cocok ama foto2 yg dipajang itu, hehehe...

Posted on 14 November 2013 pukul 12.41

7. Unknown Said,

Kangen sama ujung genteng :) adem bener disanah tentram . Oiya nice share om kereeeen .