Gunung kerinci termasuk gunung berapi yang masih aktif, dengan ketinggian 3.805 mdpl. Gunung ini menjadi gunung tertinggi di Indonesia di luar pegunungan Irian Jaya. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera.
Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh. Di tengah taman terdapat celah lembah kota sungaipenuh, perkebunan kopi, dan danau Kerinci.
Gunung ini dapat ditempuh melalui darat dari Jambi menuju Sungaipenuh melalui Bangko. Dapat juga ditempuh dari Padang, Lubuk Linggau, dan Bengkulu. Dengan pesawat terbang dapat mendarat di Padang atau Jambi.
Keindahan panorama yang natural dengan kekayaan flora dan fauna dapat di temui mulai dari dataran rendah hingga puncak gunung Kerinci, tidak hanya untuk dinikmati tetapi sangat baik untuk melakukan penelitian dan pendidikan. Pendakian ke puncak gunung Kerinci memakan waktu dua hari mulai dari Pos Kersik Tuo.
Tumbuhan dataran rendah di dominasi oleh beberapa jenis mahoni, terdapat juga tumbuhan raksasa bunga raflesia rafflesia arnoldi dan suweg raksasa Amorphophallus titanum. Dengan taman nasional Leuser, taman ini terhalang oleh danau toba dan ngarai Sihanok. Sehingga beberapa binatang yang tidak terdapat di taman Leuser ada di sini seperti tapir (Tapirus indicus) dan kus-kus (Tarsius bancanus).
Banyak terdapat binatang khas sumatera seperti gajah, badak sumatera, harimau, beruang madu, macan tutul, kecuali orang utan. Berbagai primata seperti siamang, gibbon, monyet ekor panjang dan Presbytis melapophos. Terdapat juga 140 jenis burung.
Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro berada pada ketinggian 1.400 mdpl dengan penduduk yang terdiri dari para pekerja perkebunan keturunan jawa, sehingga bahasa setempat adalah bahasa jawa. Dari Kersik Tuo kita menuju ke Pos penjagaan TNKS atau R10 pada ketinggian 1611 mdpi dengan berjalan kaki sekitar 45 menit melintasi perkebunan teh.
Pondok R 10 adalah pondok jaga balai TNKS untuk mengawasi setiap pengunjung yang akan mendaki Gunung Kerinci. Dari R10 kita menuju ke Pintu Rimba dengan ketinggian 1800 mdpl, Jaraknya sekitar 2 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Medannya berupa perkebunan/ladang penduduk, kondisi jalan baik (aspal) sampai ke batas hutan.
Pintu Rimba merupakan gerbang awal pendakian berada dalam batas hutan antara ladang dan hutan heterogen sebagai pintu masuk. Pintu Rimba berada pada ketinggian 1.800 mdpl. Di sini ada lokasi shelter dan juga lokasi air kurang lebih 200 meter sebelah kiri. Jarak tempuh ke Bangku Panjang 2 km atau 30 menit perjalanan, lintasannya agak landai memasuki kawasan hutan heterogen.

Pos Bangku Panjang dengan ketinggian 1909 mdpl, terdapat dua buah shelter yang dapat digunakan untuk beristirahat. Menuju Batu Lumut medan masih landai jarak 2 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit melintasi kawasan hutan. Pendaki dapat beristirahat di Pos Batu Lumut yang berada di ketinggian 2.000 mdpl, namun di sini tidak ada shelter-nya. Terdapat sungai yang kadang kala kering di musim kemarau.
Untuk menuju Pos 1 yang berjarak sekitar 2 km dari Batu Lumut kita membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Jalur memasuki kawasan hutan yang lebat dan terjal dengan kemiringan 45 hingga 60 derajad.
Di Pos 1 terdapat sebuah pondok yang dapat digunakan untuk beristirahat Pos ini berada di ketinggian 2.225 mdpl. Untuk menuju Pos 2 jarak yang harus ditempuh sekitar 3 km dengan waktu tempuh 2 jam. Di lintasan ini kadangkala dijumpai medan yang terjal dengan kemiringan hingga 45 tetapi masih bertemu dengan medan yang landai.
Terdapat sebuah Pondok yang sudah tua di Pos 2 yang berada di ketinggian 2.510 mdpl, di sini pendaki dapat beristirahat. Untuk menuju Pos 3 jarak yang harus ditempuh adalah 2 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Di lintasan ini dapat kita jumpai tumbuhan paku-pakuan dengan kondisi hutan yang agak terbuka.
Terdapat Pondok yang sudah rusak tinggal kerangkanya di Pos 3 yang berada di ketinggian 3.073 mdpl. Di tempat ini pendaki dapat beristirahat dan masih nyaman untuk mendirikan tenda karena masih terlindung oleh pepohonan. Waktu tempuh untuk menuju puncak dari pos ini sekitar 4 jam.
Untuk menuju ke Pos 4 jarak yang harus ditempuh sekitar 1,5 km, memerlukan waktu sekitar 1,5 jam. Kondisi jalur berupa bekas aliran air sehingga akan berubah menjadi selokan bila turun hujan. Pos 4 berada pada ketinggian 3351 mdpl tempat ini cukup lapang bisa untuk mendirikan beberapa tenda, namun cuaca di sini sering kali tidak bersahabat. Lintasan selanjutnya untuk menuju puncak berupa pasir, batuan cadas. Jarak tempuh menuju puncak 2 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Di lintasan ini pendaki perlu ekstra hati-hati.
Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di sini kita dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau.


41 comments

  1. si bolang Said,

    semoga suatu saat bisa sampe Kerinci. amien,

    Posted on 10 Oktober 2010 14.43

     
  2. Anonim Said,

    segera kerinci.. Peak of Sumatera

    Posted on 22 Oktober 2010 15.45

     
  3. akhir tahun ini mau ke kerinci tolong infonya dong..

    Posted on 26 Oktober 2010 12.59

     
  4. Insan Said,

    kalau mau ke kerinci sediakan waktu yg cukup lama krn selain kerinci ada jg gng lain yg didaki disebelahnya yaitu gunung Tujuh yg terdapat danau tertinggi di asia.Utk sekedar diskusi email kesini:in54n_el@yahoo.com

    Posted on 18 November 2010 10.35

     
  5. Anonim Said,

    jadi ingat pengalaman ke kerinci dan gunung 7 5 tahun yang lalu....pengalaman yang luar biasa, berharap suatu saat akan kesana lagi...

    Posted on 15 Desember 2010 12.10

     
  6. kayu aro Said,

    wuih.........
    frends semua,
    welcome d krinci yach,,,,,,,,,
    aQ orng kaki gunung th loh,tepatx d kayu aro....
    pokoknya gnung krinci d best bget,,
    rugi lw gk ndaki,,,,,
    aplgi wktu sun rise n sunset,,,kyak d atas surga,,,,,,,,,
    bnyak climber mnjat wktu pergantian thun,kbtulan thun kmren aq mndaki,,,
    kyk pasar malam boook...heheh
    welcome
    FORSMIKA-FORUM STUDY MAHASISWA KAYU ARO
    KRINCI JAMBI

    Posted on 21 Desember 2010 12.52

     
  7. Anonim Said,

    impian ku kerinci

    Posted on 17 Januari 2011 14.45

     
  8. Aku pengen kesana ada yang mau ajak mendaki bareng tidak iya

    Posted on 21 Januari 2011 16.21

     
  9. Anonim Said,

    mau nanya tentang keberadaan sumber mata air di jalur pendakian gimana??? melimpah ato tidak

    Posted on 23 Februari 2011 18.15

     
  10. cita - cita ke dua ua pengen ke kerinci euyyy ...
    mantaaaaaaaaaaaappppppppppppp

    Posted on 24 Februari 2011 09.36

     
  11. cita cita pendakian guw banget,sampe ke puncak alps,,,,,
    mantabbb kali ya...

    Posted on 24 Februari 2011 09.45

     
  12. . JADI PENGEN KE KERINCI LAGI,,,,,,,,,

    Posted on 24 Februari 2011 09.46

     
  13. . backcome to kerinci,,,,,,,,,,,,,,,,

    Posted on 24 Februari 2011 09.51

     
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    Posted on 24 Februari 2011 09.59

     
  15. Anonim Said,

    kerinci thn 2004 ga nyampe puncak di hadang kabut tebal dan hujan deras.....cuma nyampe puncak bayangan

    Posted on 19 Maret 2011 15.01

     
  16. mantap nian euy pemandangan dari puncak gunung kerinci tu...danau gunung tujuh,danau kerinci,danau belibis,kebun teh,gunung raya,semuanya deh kliatan dari sana,apalagi kalo pagi ngliat sun rise wuu mantap sangat sangat dan sangat.7maret kmaren abis dari sana.fhtonya ada d fb shechan candrarezkianto.rugi deh kalo blum prnah kesana.

    Posted on 21 Maret 2011 16.50

     
  17. febri Said,

    semoga q dapat berdiri d puncak gunung kerinci amin

    Posted on 7 Mei 2011 21.05

     
  18. febri Said,

    semoga q dapat berdiri di puncak gunung kerinci amin

    Posted on 7 Mei 2011 21.08

     
  19. Mampir nich...
    menarik sekali blog anda, dan saya sangat suka..
    Salam....
    oh ya ada sedikit info nich tentang bibit jabon dan kayu jabon semoga bermanfaat...

    Posted on 23 Mei 2011 12.53

     
  20. Deddy Said,

    Pengen juga ndaki gunung Kerinci..

    Posted on 1 Juli 2011 21.58

     
  21. Anonim Said,

    duuuhh, pdhl kota padang g begitu jauh dari provinsi jambi t4 gunung kerinci itu berada, tapi belum sempat kesana..
    semoga aku bisa berdiri di puncak sumatra..
    :D

    Posted on 21 Juli 2011 13.59

     
  22. Anonim Said,

    Insyaallah saya akan mengunjungi gunung kerinci dan gunung tujuh bulan depan.terimakasih, tulisannya informatif.

    Posted on 3 Agustus 2011 13.17

     
  23. akhir tahunn pelajaran,,PAPALA WISANGGENI SMK PANGUDI LUHUR MUNTILAN akan kesana,,doakan sobat!!

    Posted on 28 Agustus 2011 16.26

     
  24. ogol Said,

    lon that brat awa jak u gunong kerinci.paja ya lon trok keunan

    Posted on 13 Februari 2012 16.17

     
  25. kerinci impian ku??????????????????? dari dulu

    Posted on 13 Februari 2012 16.25

     
  26. Anonim Said,

    asik neh..kerinci oh kerinci...
    ajak-ajak donk klo ada yg mau k sana.. ^_^
    email aja gw ya klo ada yg mau k sana.. saya tinggal d jakarta..
    ferdy.setyonugroho@gmail.com

    Posted on 22 Februari 2012 17.43

     
  27. Anonim Said,

    padang-solok selatan-sungai penuh(lokasi g.kerinci)
    jalan yg dkat gag perlu berbelit lwat bengkulu

    Posted on 7 Maret 2012 19.34

     
  28. Anonim Said,

    gw tinggal di sungai penuh tepatnya desa lawang agung tapi belum sempat mendaki gunung kerinci.. ..insya allah libur ujian nasional gw bakal mendaki gunung kerinci :D

    Posted on 17 Maret 2012 21.25

     
  29. wiwit Said,

    aku mauuu...

    Posted on 21 Maret 2012 12.09

     
  30. Anonim Said,

    libur ujian nasional nanti gw juga pregi ke gunung kerinci.....barengan ya

    Posted on 23 Maret 2012 13.44

     
  31. rajugeo Said,

    bos. ada yg punya info koordinat pos pos di gn kerinci ga?mau naik nih bulan juni. makasih

    Posted on 15 April 2012 11.13

     
  32. rajugeo Said,

    oke bos.kira2 bulan juni. nanti ane kabarin lagi

    Posted on 18 April 2012 14.46

     
  33. Afrie Yanty Said,

    sabtu besok aku start ke sungai penuh..... he he he he

    Posted on 2 Mei 2012 11.44

     
  34. rajugeo Said,

    bisa dong minta catatan perjalanannya nanti bos..hehehe

    Posted on 3 Mei 2012 18.13

     
  35. Anonim Said,

    ane rencananya pertengahan juni nanti naek gunung kerinci, kalo mau gabung ane tunggu di sungai penuh,nanti ane kabarin lagi.....

    Posted on 5 Mei 2012 15.26

     
  36. ncapie_cp Said,

    Om.. yang mau naek ke kerinci bulan juni boleh bareng daongg..!!

    Posted on 19 Mei 2012 20.26

     
  37. sadli Said,

    salam lestari..
    ada yang mau naik gunung kerinci sekitar bulan juli ga tman2? klo ada ane mau nebeng hehehehe

    Posted on 20 Mei 2012 15.35

     
  38. ncapie_cp Said,

    Omm.. sadli knapa ga bulan juni aja Om? kan bisa bareng.. hehe..

    Posted on 20 Mei 2012 17.54

     
  39. Anonim Said,

    bang boleh minta data gunung sama rincian biaya transportasi darat dari lampung ke kerinci ga? imelnya casano59@yahoo.com

    Posted on 22 Mei 2012 12.37

     
  40. mandan lamo Said,

    ane tanggal 20 bulan ini bakal naek gunung kerinci...

    Posted on 4 Juni 2012 19.11

     
  41. lesbon manik Said,

    pertengahan bulan januari 2013 kami berencana naek gunung kerinci dari pekanbaru..
    apabila punya rencana serupa kita bisa gabung berangkat sama oke....

    Posted on 28 November 2012 00.35

     

Poskan Komentar