Ini adalah Posting sementara, Saat ini saya sedang mempersiapkan iformasi - informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan jalur pendakian gunung ciremai. Artikel ini saya dapat di situs beritacirebon.com edisi 6 juni 2009.

Mengenal Jalur Pendakian Gunung Ciremai

Bagi anda khususnya yang akan melakukan pendakian ke Gunung Ciremai, tentunya harus memperhatikan rambu-rambu dan jalur pendakian yang resmi. Jika tidak, bisa jadi akan tersesat.

Ada tiga pilihan jalur pendakian Gunung Ciremai, yakni melalui jalur Linggarjati Desa Linggajati Kecamatan Cilimus, jalur Palutungan Desa Cisantana Kecamatan Cigugur dan jalur pendakian Apuy Kabupaten Majalengka.

Jika ingin lebih mudah, jalur Palutungan Desa Cisantana Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, bisa menjadi pilihan. Pasalnya, jalur ini dikenal merupakan jalur pendakian track paling mudah, dengan jarak tempuh kurang lebih 10 kilometer untuk sampai ke puncak Gunung tertinggi di Jawa Barat itu.

Di sepanjang jalur terdapat sembilan pos istirahat antara lain Pos Palutungan, Cigowong, Kuta, Pangguyangan Badak, Arban, Tanjakan Asoy, Pasanggrahan, Guha Walet yang selanjutnya sampai puncak Gunung Ciremai.

Tapi jika ingin lebih menantang memang jalur pendakian Linggarjati cocok bagi anda pendaki handal. Memang jalur yang satu ini paling menantang dibandingkan jalur-jalur pendakian dua jalur pendakian lainnya, dan banyak diminati para pendaki karena merupakan track tersulit diantara jalur lainnya..


Jalur ini kurang lebih sepanjang 8,6 kilometer untuk sampai ke puncak dan terdapat sembilan pos pendakian dengan suguhan pemandangan hutan hujan yang alami. Untuk menuju jalur ini pendaki dapat melalui pintu masuk Linggarjati dan hanya jarak kurang lebih satu kilometer dari Gedung Naskah Perundingan Linggarjati.

Berbeda dengan jalur pendakian Apuy, yang dapat ditempuh dengan menggunakan dua alternatif jalan lainnya yaitu 12,5 kilometer dari Desa Babakan Kaler dan 15 kilometer dari Desa Cibuluh Kabupaten Majalengka.

Jalur pendakian ini dengan jarak kurang lebih delapan kilometer menuju puncak Gunung Ciremai, dan ada .lima pos istirahat dan dikenal track pendakian termudah sama halnya dengan jalur Palutungan. (BC-99)

Mohon maaf atas ketidaknyamanan sobat - sobat pendaki. info lebih lengkap seputar pendakian gunung ciremai akan saya posting secepatnya. terimakasih..
Blackmamba

3 comments

  1. gudangan Said,

    gunung merapinya mana bro.. :D

    Posted on 31 Agustus 2009 17.56

     
  2. blackmamba Said,

    gunung merapinya udah ada bro.
    udah di lengkapi foto juga tuh..
    thanks kunjungannya bro..

    Posted on 31 Agustus 2009 21.00

     
  3. H.S.B.K. Said,

    Udah ada info trbaru ttg Gng Ceremai bro??
    Gwada rncana bln dpn ke sana.
    Kira2 prlu dftar sgala kyk di Gng Gede ga ya???

    Posted on 2 November 2009 18.34

     

Poskan Komentar